Ini Perbedaan Antara Blog Dan Website


Blogger adalah sebuah media bagi para pengguna internet yang ingin membagikan karya – karya mereka lewat media blog atau web yang disediakan oleh google secara gratis. Blogger juga memberikan kemudahan bagi penggunanya sebab anda dapat membuat situs blog tanpa harus bersusah payah memikirkan kode – kode yang rumit.

Blogger juga telah menyediakan fasilitas blog yang cukup lengkap, seperti membuat postingan tulisan, melakukan pengaturan blog serta juga anda bisa melakukan modifikasi tampilan blog, bahkan anda juga bisa membaginya dengan teman – teman anda lewat media sosial dengan hanya sekali klik, canggih bukan?

Anda juga tak harus bersusah payah memikirkan biaya sewa hosting atau domain sebab blogger sudah menyediakan itu semua dengan percuma alias gratis. Google juga telah menentukan domain blogger anda dengan format namabloganda.blogspot.com.

Nah blogspot inilah yang akan menunjukkan alamat blog anda berada, akan tetapi domain anda tersebut bisa anda rubah sesuai dengan keinginan, dengan adanya fitur domain tentunya. Semisal anda memiliki blog dengan alamat di namabloganda.blogspot.com menjadi namabloganda.com, hal ini bisa anda lakukan sesuka hati anda, namun anda harus menyewa domain tersebut dengan mengeluarkan sejumlah biaya.

Seiring berkembangnya era yang modern ini, blogger juga semakin berkembang dengan banyak penggunanya, dan hal itu didukung dengan banyaknya artikel – artikel yang memuat panduan membuat blogger, ada banyak komunitas dan forum – forum yang juga membahas tentang blogger yang tidak pernah sepi, dan hal ini menandakan keberhasilan blogger hingga sekarang. Lalu apa bedanya blogger dengan website?

Perbedaan blog dan website ialah blog itu bagian dari website, dengan kata lain sebuah blog sudah pasti website namun belum tentu kalau website itu adalah blog. Bisa juga diibaratkan seperti rumah, yang namanya rumah tentunya ada berbagai ruangan, nag blog itu seperti salah satu ruangan dalam rumah tersebut.

Google menyukai blog sebab konten yang dipublikasikan itu sangat aktual, relevan dan juga segar, dan jika sebuah blog memeiliki kualitas yang tinggi biasanya blog tersebut akan ada di peringkat paling atas hasil pencarian google. Perbedaannya lagi bisa dilihat dari sisi: kepemilikan, tampilan, domain dan hosating, serta gaya bahasanya.

Blog biasanya dimiliki oleh individu yang hobi menulis yang juga disebut dengan blogger, namun website umumnya dimiliki oleh lembaga atau perusahaan. Tampilan blog biasanya lebih simple dibandingkan dengan website, akan tetapi dengan platform blogger tampilan blog bisa lebih bagus daripada website, hal ini karena banyak template blog yang keren dan bagus seperti website profesional.

Gaya bahasa blog biasanya personal, percakapan atau gaya ngobrol., namun jika blog yang dimiliki lembaga juga menggunakan gaya bahasa formal seperti website. Dan perbedaan yang utama antara blog dan website ialah dilihat dari domain – hostingnya, blog ini dengan domain dan hosting gratis dan sebaliknya website harus menyewa atau berbayar.
Demikian uraian tentang perbedaan blog dan website.



10:19