Tips Menulis Artikel Dalam Blog yang Berkualitas


Untuk memuat tulisan dalam blog yang bagus dan berkualitas dan penuh dengan ide – ide sangat diperlukan demi menunjang pengunjung yang akan datang ke blog anda. Nah untuk itu ada beberapa tips yang anda perlukan untuk itu.

Berikut ini beberapa tips menulis artikel dalam blog yang bisa anda baca:
  1. Sebelum menulis, sebaiknya lakukan persiapan baik materi maupun fisik. Materi tulisan bisa berasal dari ide – ide anda sendiri, yang penting ada manfaatnya bagi para pembaca. Jangan dulu memikirkan keyword, dll. Dan jangan sampai anda membatasi tulisan yang akan anda buat, teruslah mengalir seperti air.
  2. Ide yang baik bisa anda dapatkan dari pengalaman yang anda alami dan anda kuasai betul. Sebaiknya hindari menulis yang tidak dapat dipahami.
  3. Lakukan research dan kumpulkan dari beberapa referensi. Anda bisa melakukan research yang berkaitan dengan topik tertentu yang bisa memperluas dan melihat ide anda dari berbagai sudut pandang. Anda bisa pahami sudut – sudut oandang yang anda dapatkan dan jadikan sebag ai referensi. Banyak tulisan yang memiliki kualitas dan mudah anda dapatkan dari mesin pencari google. Hal – hal yang empiris lebih menarik jika dibandingkan dnegan ide yang kurang mendasar. Meskipun anda sedang tidak menulis, anda bisa mempelajari topik – topik yang anda minati lewat berbagai media. Dalam hal ini membaca menjadi poin yang utama dalam memeperkaya informasi dan pengetahuan serta pengalaman.
  4. Setelah anda mendapatkan ide – ide yang sudah mantap, jadikan satu dalam satu catatan kecil.
  5. Setelah ide dan materi cukup, mulailah untuk menuliskan pokok pikiran.
  6. Dengan menggunakan pokok pikiran, anda bisa menjabarkannya hingga menjadi sebuah tulisan, dan tentunya dalam tulisan tersebut harus ada penjelasan – penjelasan yang empiris atau nyata. Ada yang mengatakan tulisan yang panjang itu membosankan, terlebih lagi pengunjung blog biasanya mereka suka dengan ukuran fast reading. Namun juga tak ada aturan tentang pendek atau panajangnya tulisan, yang poenting isinya berkualitas.
  7. Ketika anda menulis, sebaiknya gunakan orang ke satu atau kedua. Hal ini sah – sah saja, karena blog merupakan sebuah catatan pribadi dari seorang blogger dan bukan buku pelajaran. Namun anda juga bisa menggunakan kata ganti orang ketiga bila memang diperlukan. Dengan demikian tulisan akan terasa dekat dan terkesan langsung dan ini seolah – olah penulis berbicara dengan pembaca.
  8. Namun jika anda sudah merasa mentok dengan tulisan anda, dengan kata lain anda menemui jalan buntu. Yang harus anda lakukan ialah letakkan laptop anda dan lakukanlah hal – hal lain dan lanjutkan kembali jika anda sudah siap dan segar.
  9. Yang terakhir adalah checking.
Demikian uraian tentang tips menulis artikel dalam blog.



18:12